Saturday, July 7, 2018

Cara Membedakan Sabung Ayam Birma Asli dengan Palsu


Ayam Birma sering juga disebut dengan Ayam Burma oleh pakar pecinta sabung ayam. Ayam Birma ini sebenarnya berasal dari negara yang tidak terlalu populer yakni Myanmar. Kepopuleran Ayam Birma ini belakangan terungkap karena keunggulannya dalam garis darahnya sendiri. Keunggulan tersebut adalah kelincahan dan daya serang dari ayam Birma sangatlah mengagumkan dan  tidak dimiliki oleh semua jenis ayam di dunia Judi Domino. Berdasarkan ukuran tubuh ayam birma lebih kecil dari ayam bangkok.
Ciri – ciri fisik dari Ayam Birma Asli adalah sebagai berikut ini :
  1. Ayam Birma Asli memiliki bentuk badan yang tergolong kecil yakni antara 2 sampai 2,3 kg.
  2. Ayam Birma Asli memiliki tulang yang lebih kecil dari ayam bangkok dan lebih tipis dari ayam saigon.
  3. Mata Ayam Birma asli sangatlah bening dan tajam, Mata ini memancarkan aura yang ganas dan liar untuk lawan-lawannya.
  4. Ciri khas dari Ayam Birma Asli adalah memiliki tanda warna putih pada kupingnya. adapun warna putih dari kuping tersebut adalah menandakan ayam tersebut adalah jenis ayam liar.
  5. Wajah ayam birma tampak seperti ayam Siam kawinan ayam bangkok dengan ayam kampung, dimana kadang kuping telinga agak besar, kadang ada jenggot, mata kurang cekung, mata bulat, paruh lebih kecil, muka dan badan kurang kekar dan warna bulu umumnya warna tanggung yang kurang cerah.
  6. Sedangakan dengan bulunya ayam Birma Asli memiliki banyak bulu yang padat, bulu sayap yang tebal dan panjang.
Dari Semua yang telah kami sampaikan sebenarnya ada salah satu yang membuat Ayam Birma Asli istimewa. Keistimewahan tersebut adalah mata yang tampak besar dan tajam seperti ingin menerkam lawannya. Bentuk fisik dari ayam Birma ini juga adalah ayam yang sangat cepat dan luwes.
Ukuran ayam birma yang terbilang kecil sebagai ayam aduan yang  menjadi alasan banyak para peternak ayam laga yang mengkawin silangkan ayam birma dengan ayam Bangkok atau ayam aduan lainnya. Hasil kawin silang tersebut dapat memperbaiki warna bulu sehingga warna bulu lebih matang seperti ayam Bangkok atau ayam saigon. Dapat juga mempengaruhi bobot atau bentuk asli ayam birma yang memang lebih kecil menjadi lebih besar seperti ayam Bangkok atau saigon. Namun hasil dari kawin silang ayam birma dapat mengurangi keunggulan gaya tarung atau teknik dari ayam birma asli tersebut.
Sekian Berita tentang Cara Membedakan Sabung Ayam Birma Asli dengan Palsu. Ayam Birma palsu tidak memiliki ciri-ciri khusus pada yang birma asli sehinga sangat mudah membedakan ayam birma asli dengan yang palsu. Faktor penting membedakan ayam birma asli dengan ayam birma palsu adalah bentuk mata dan tanda warna putih pada kupingnya. Dari bentu tersebut kita dapat melihat jelas mana ayam birma asli dan palsu. Sekian info yang telah kami sampaikan semoga bermanfaat bagi para pecinta sabung ayam.

1 comment:

  1. Terima Kasih artikelnya min ... Jadi sedikit terbuka wawasan anee :)

    Salama Satu Hobi ! Ayam birma Memang yang Terbaik !

    ReplyDelete